Selasa, 25 Juni 2019

Bahasa Tagalog {Salam dan Penyebutan "adalah" dalam bahasa Tagalog}

Kumusta po kayo?

Apa kabar kalian semuanya?

Katedral Metropolitan Konsepsi Imakulata Manila
Halo semuanya!!! Kembali lagi bersama admin #RFQ dalam pembelajaran bahasa Tagalog a.k.a Filipino. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara penutur bahasa Tagalog dalam bertutur salam dan bagaimana cara menyebut "saya adalah pelajar" dalam bahasa Tagalog. 

Baiklah mari kita simak wacana percakapan di bawah ini sejenak.

Bahasa Tagalog Formal
Bahasa Tagalog Informal
Bahasa Indonesia
Febie: Magandang Tanghali. Si Kevin Wang Kayo?
Kevin: Opo. Si Kevin Wang ako. Estudiante ako. Sino po Kayo?
Febie: Si Febie Franulusa ako. Arabic teacher ako. Arab ako.
Kevin: Intsik ako. Ikinagagala ko kayong makilala.
Febie: Hello! Si Kevin Wang ka?
Kevin: Oo. Si Kevin Wang ako. Estudiante ako. Sino ka?
Febie: Si Febie ako. Arabic teacher ako. Arab ako.
Kevin: Intsik ako. Ikinagagala kong makilala ka.
Febie: Selamat Siang! Apakah Anda Kevin Wang.
Kevin: Ya, saya Kevin Wang. Saya adalah mahasiswa. Siapa Anda?
Febie: Saya Febie Franulusa. Saya guru bahasa Arab. Saya adalah orang Arab.
Kevin: Saya adalah orang Cina. Senang berkenalan dengan Anda.

Di atas merupakan wacana percakapan dalam tiga versi.

Dalam bahasa Tagalog perbedaan menyebutkan nama dengan pekerjaan adalah ketika kita menyebutkan "nama", maka kita harus menambahkan kata "si" di depan setiap kata. Sedangkan untuk pekerjaan tidak boleh menggunakan "si". Misalkan:

- Si Febie Franulusa ako. (Saya adalah Febie Franulusa.)
- Si Kevin Wang ka. (Kamu adalah Kevin Wang.)
- Si Rifiqy ako. (Saya adalah Rifiqy.)
- Estudiante ako. (Saya adalaj pelajar.)
- Guro kayo. (Anda adalah guru.)
- Arab ako. (Saya adalah orang Arab.)
- Intsik ka. (Kamu adalah orang Cina.)
- Pilipino ka. (Kamu adalah orang Filipina.)

Selain itu dalam bahasa Tagalog juga mengenal salam-salam seperti.

Bahasa Tagalog
Bahasa Indonesia
Magandang Umaga
Selamat Pagi
Magandang Tanghali
Selamat Siang
Magandang Hapon
Selamat Sore
Magandang Gabi
Selamat Malam
Kumusta?
Apa kabar?

Baiklah kalian sekarang dapat menggunakan bentukan "adalah" dalam bahasa Tagalog.

Mohon maaf kalau ada kesalahan pengajaran, bila ada kesalahan silakan beri komentarnya di bawah. Tunggu postingan-postingan menarik lainnya.

Maraming-maraming Salamat Po!

Terima Kasih Semuanya!

Share this

0 Comment to "Bahasa Tagalog {Salam dan Penyebutan "adalah" dalam bahasa Tagalog}"

Posting Komentar