Rabu, 26 Juni 2019

Pengantar Bahasa Minang : Apa itu Bahasa Minang




Bismillah,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Ba'a kaba ,dunsanak? Admin #FPG Kali ini datang dengan pembahasan bahasa Minang. Mungkin selama yang dipahami secara umum, bahasa Minang hanyak dituturkan di Sumatra Barat saja. Mungkin yang orang pahami, bahasa Indonesia diubah huruf terakhir berbunyi 'o' otomatis jadi bahasa Minang. Tidak bisa begitu, kisanak....eh dunsanak.

Bahasa Minang itu apa sih? Menurut penelusuran admin #FPG di wikipedia, Bahaso Minangkabau atau baso Minang marupokan bahaso nan tamasuak dalam rumpun bahaso Austronesia. Baso Minang acok disabuik sacaro umum dek etnis lain di Indonesia sabagai Bahasa Padang. Baso Minang dipakai dek urang Minang di Sumatra Barat, sarato urang Minang di rantau, baiak di Indonesia atau di lua nagari.

Hehehe ngertilah, ya dunsanak. Menurut wiki, bahasa Minang termasuk dalam rumpun austronesia Dan dituturkan di Sumatra barat Dan di rantau, baik itu dalam negeri atau luar negeri.

Namun ada pertentangan mengenai bahasa Minang ini. Ada kubu yang berpendapat bahwa Bahasa Minangkabau sebagai salah satu dialek Melayu, karena banyaknya kesamaan kosakata dan bentuk tutur di dalamnya. Sementara yang lain justru beranggapan bahwa bahasa ini merupakan bahasa mandiri yang berbeda dengan Bahasa Melayu.

Kenapa bisa begitu ? Karena ada kerancuan akibat anggapan bahwa Bahasa Melayu dianggap suatu bahasa bukan kelompok bahasa dalam rumpun melayik.
Di mana Bahasa Minangkabau merupakan salah satu bahasa yang ada dalam kelompok Bahasa Melayu tersebut.

Yah terlepas dari perbedaan pendapat ini dan itu, pasti dunsanak sepakat dong , bahasa Minang itu harus dilestarikan. Apalagi terdapat fenomena yang terjadi di tanah Minang : anak muda tidak berbahasa Minang sepenuhnya. Bahasa Minang bercampur dengan bahasa gaul khas Ibu Kota. Tentu agak memprihatinkan generasi tua mengenai kelestarian Dan keaslian bahasa Minang. Serius loh, admin dapat cerita Dari orang tua-tua di kampung halaman.

Bentuk bahasa Minang,seperti yang admin singgung tadi, bukan serta merta bahasa Indonesia diubah berakhiran 'o' semua. Sebagian bisa begitu, tapi tidak semuanya.

Dari wikipedia, admin mendapati teori Dari Abdul Gaffar Ruskhan dalam makalah yang disampaikannya di Sarasehan Bahasa Minangkabau menyampaikan pola perubahan kata dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Minangkabau sebagai berikut:

Bunyi akhir BI -ul à -ua: bandul : bandua
Bunyi akhir BI -ut à -uik: rumput: rumpuik
Bunyi akhir BI -us à-uih: putus : putuih
Bunyi akhir BI -is à-ih: baris  : barih
Bunyi akhir BI -it à -ik: sakit : sakik
Bunyi akhir BI -as à-eh: batas : bateh
Bunyi akhir BI -ap à -ok: atap atok
Bunyi akhir BI -at à -ek: rapat rapek
Bunyi akhir BI -at (dari Arab) à -aik: adat : adaik
Bunyi akhir BI -al/-ar à -a: jual jua, kabar : kaba
Bunyi akhir BI -a à -o: kuda kudo
Bunyi –e (pepet) à -a: beban : baban
Awalan ter-, ber-, per- à ta-, ba-, pa-: berlari, termakan, perdalam à balari, tamakan, padalam.

Admin cukupkan disini pengantar bahasa Minang kali ini. Wassalam :)


Share this

Arabic Stuff enthusiast

0 Comment to "Pengantar Bahasa Minang : Apa itu Bahasa Minang "

Posting Komentar