Senin, 18 Oktober 2021

Bahasa Inggris : Percakapan Dasar 1

  

sumber gambar: https://www.iryanali.com/2020/05/15/how-to-empower-our-team-through-better-communication/

What's up guys!

Mohon maaf Admin XV lama tak update karena ada banyak kendala saat pandemi ini

mari kita rehat sejenak dari grammar dan bahas percakapan bahasa Inggris :)


BAHASA INGGRIS: PERCAKAPAN DASAR I

 

BASIC PHRASES (UNGKAPAN DASAR):

Yes = Iya

No = Tidak 

Please = Silakan

Excuse Me = Permisi

Thank you = Terima Kasih

Thanks = Teima Kasih (informal)

Thank you very much = Terima Kasih Banyak (formal)

Thanks very much/Thanks a lot = Terima Kasih Banyak (informal)

You're welcome = sama-sama (jawaban dari Thank you/Thanks/Thank you very much dalam keadaan formal)

Jawaban Thanks dalam situasi informal (pengganti you're welcome, pilih salah satu) : don't mention it, anytime, never mind, no problem, no worries, you're very welcome (jawaban dari Thanks a lot/Thanks very much), it's my pleasure, my pleasure

Do you speak English? =  Apakah anda berbahasa Inggris? 

Yes, a little = Ya, sedikit

Next time = lain kali/lain waktu 

Wait a minute = Tunggu sebentar

a moment, please = Mohon tunggu sebentar

Congratulations! = selamat!

Good luck! = Semoga berhasil!

Happy Birthday! = selamat ulang tahun!

 

GREETINGS (SAPAAN DAN SALAM KETIKA BERTEMU):

Hello = Halo

Hi = Hai

Good Day = Selamat Siang (dapat diucapkan kapan saja di siang hari)

Good Morning = Selamat Pagi (diucapkan hingga pukul 12.00 siang atau lewat dari pukul 12.00 siang jika belum makan siang)

Good Afternoon = Selamat Siang/Sore (diucapkan setelah pukul 12.00 Siang hingga sebelum matahari terbenam)

Good Evening = Selamat Senja (diucapkan saat matahari hampir terbenam hingga terbenam sempurna, namun sering juga diucapkan ketika bertemu di malam hari untuk menghormati budaya negara yang wajib mengucapkan selamat malam ketika bertemu di malam hari dalam keadaan formal, termasuk budaya Indonesia)

How are you?  = Apa kabar? (formal, dijawab I'm fine,boleh ditambahkan thank you, how about you?, jika menjawab balik bisa tambahkan Too setelah Fine > I'm fine too)

How are you doing?  = Apa kabar? (informal, dijawab I'm doing great)

What's up? = Apa kabar? (informal, dijawab not much)

How have you been? = Apa kabar? (informal, dijawab pretty good)

Bon appétit = Selamat Makan (dibaca Bongnapeti)


INTRODUCTION (PERKENALAN):

What is your name? = Siapa nama anda?

My name is ....  = Nama Saya ....

My name is Ronaldo = Nama Saya Ronaldo

I am .... = Saya ...

I am Ronaldo = Saya Ronaldo

Where are you from? = Anda berasal dari mana? (dijawab I am from ...)

Where do you come from? = Anda berasal dari mana? (dijawab I come from ...)

I am from Jakarta = Saya berasal dari Jakarta

I come from Jakarta = Saya berasal dari Jakarta

Let me introduce myself = Izinkan saya memperkenalkan diri

I'd like to introduce my friend to you = Saya hendak memperkenalkan teman saya kepada anda

His name is ....  = Namanya .... (untuk memperkenalkan seorang laki-laki)

His name is Jack = Namanya Jack

Her name is .... = Namanya .... (untuk memperkenalkan seorang perempuan)

Her name is Fatimah = Namanya Fatimah

This is my friend = ini teman saya 

This is my mother = ini ibu saya

What do you do?/What is your occupation?/What is your job? = Anda bekerja/berprofesi sebagai apa?

I am a teacher = Saya seorang guru

I am a painter = Saya seorang pelukis

I am a student = Saya seorang pelajar 

I am a university student = Saya seorang Mahasiswa/i

Nice to meet you! = senang bertemu dengan anda

It's a pleasure to meet you! = bertemu denganmu adalah sebuah kebahagian!


FAREWELL (PERPISAHAN):

Good night! = Selamat berpisah di malam hari!

See you! = Sampai jumpa!

See you too! = Sampai jumpa juga!

See you on ... = Sampai jumpa pada ...

See you on Sunday! = Sampai jumpa pada hari Minggu!

See you later! = Sampai nanti! 

See you you tonight!  = Sampai jumpa nanti malam!

See you next week! = Sampai jumpa pekan depan!

See you this weekend! = Sampai jumpa pada akhir pekan ini! 

See you next weekend! = Sampai jumpa akhir pekan depan!

Later on! = Sampai nanti! (informal)

Ta ta!/Ta ta for now! = dadah (informal, sudah jarang digunakan)

Goodbye! = Selamat Tinggal (diucapkan jika tidak tahu kapan akan bertemu lagi) 

Bye = berasal dari Goodbye yang disingkat, kini menjadi alternatif paling umum dari See you (informal)

Sleep well!= Selamat tidur!

Sweet dream! = Mimpi Indah!

Don't let bugs bite! = Jangan biarkan kutu menggigit! (Variasi dari Sleep Well)

Today is my last day here = hari ini adalah hari terakhir saya berada di sini

Tomorrow is my last day here = besok hari terakhir saya berada di sini

Bon Voyage = Semoga selamat sampai tujuan (dibaca Bong Vwayazy)

If you come to Indonesia, please tell me, you can stay with me = Jika kamu ke Indonesia, mohon beri tahu saya, kamu bisa tinggal bersama saya

Keep in touch! = Selalu berkomunikasi ya!


Sampai di sini dulu materi kali ini, insyaallah kita berjumpa lagi di lain kesempatan dengan materi yang baru :)

See you guys! :D

 

 

~XV~

Xhycho Vachanidyo




Share this

0 Comment to "Bahasa Inggris : Percakapan Dasar 1"

Posting Komentar