Selasa, 02 Juli 2019

Pengantar Bahasa Manado : Apakah Bahasa Manado Itu?



Apa kabar ngoni, e? Bajumpa ulang deng kita admin #FPG. Insya Allah admin menyapa kawan semua dengan pembahasan Bahasa Manado. Benarkah Manado bahasa orang yang "Menang Tampang Doang"? E do do e.....bukan begitu! Memang banyak saudara-saudara kita Orang Manado yang rupawan, tapi siapa tahu banyak kelebihan lain di balik itu.



Menurut hasil penelusuran admin dari ethnologue.com, Bahasa Manado itu ternyata masih tergolong Bahasa Melayu, tepatnya Melayu Kreol. Perbedaan antara Bahasa Manado Dan Bahasa Indonesia cuma adanya kata serapan bahasa Portugis dan Belanda. Ditambah lagi, Bahasa Manado menggunakan kita sebagai kata ganti orang tunggal pertama. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, kita merujuk pada kata ganti orang pertama jamak.

Bahasa Manado digunakan dimana saja ?
Bahasa Manado atau Bahasa Minahasa dituturkan penduduk di Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Provinsi Gorontalo. Memiliki kesamaan dengan dialek bahasa di Sulawesi Tengah dan Maluku. Pantas saja ya, saudara kita dari Manado biasanya akrab bak keluarga dengan saudara kita dari Maluku. Dialeknya saja sama, dan yang pasti sama-sama supel dan ramah.

Sebagian besar kata-kata dalam bahasa Manado sama seperti kata-kata dalam bahasa Indonesia. Yap, namanya juga masih rumpun Melayu. Perlu ngana tahu, Bahasa Manado itu tidak mempunyai standard penulisan yang jelas dan sah. Sebab, Bahasa Manado digunakan hanya sebatas komunikasi lisan.

Bahasa ini bisa dibilang bahasa yang cukup singkat dan praktis sebagaimana Bahasa Minang. Jika di Bahasa Minang, apa disingkat jadi 'a' saja. Atau dimana jadi 'dima'. Nah,kalau Bahasa Manado pergi jadi 'pi' dan sudah jadi 'so'. Selain itu juga ada ujaran khas Manado
misalnya penggunaan kata 'Noh', 'Jo noh', dan 'kwa'.

* Nyanda ada doi kita ,noh ! Sayangnya kita sedang tidak ada uang (Menyayangkan apa yang sedang terjadi).

* Jo noh bisa digunakan untuk menyindir seperti "Ito ,Jo noh!" Yang artinya "namanya juga Si Ito!"

Jo noh juga bisa dipakai sebagai suggestion atau meyakinkan ajakan. Contoh : Ayo Jo noh! (Ayo lah)

* Kalau dia kwa memang so pande . artinya, kalau dia sih memang sudah pintar. Disini bisa bermakna 'sih'. Ada kalanya bermakna 'saja' seperti : beli ini kwa. (beli ini saja).ꄠ

Cukup sekian pengantar Bahasa Manado Dari admin #FPG. Sampai kita berjumpa ulang.

Share this

Arabic Stuff enthusiast

0 Comment to "Pengantar Bahasa Manado : Apakah Bahasa Manado Itu?"

Posting Komentar