Senin, 01 Juli 2019

Bahasa Lao # Aksara Lao Kelas Menengah dan Vokal Dasar #

ສບາຍດີ!!!

Halo Semuanya!!!


Halo semuanya!!! Kembali lagi dengan admin #RFQ yang akan memberikan sajian menarik mengenai bahasa resmi negara Republik Demokratik Rakyat Lao ini. Sekarang kita akan membahas sebuah hal penting dalam dalam bahasa Lao, yaitu: tulisan. Dalam postingan sebelumnya, kita membahas tentang persamaan dan perbedaan bahasa Lao dengan bahasa Thai. Nah, sekarang kita akan mempelajari aksara sedikit aksara Lao.

Dalam pembelajaran bahasa Lao di KelasPoliglot.net kelas konsonan dalam bahasa Lao dibagi menjadi 3, yaitu: konsonan rendah, menengah, dan tinggi. Kali ini kita akan mempelajari konsonan kelas menengah dan aturan cara baca yang terdapat dalam konsonan kelas menengah. Di bawah ini merupakan aksara Lao kelas menengah dengan alih aksaranya dalam latin bahasa Indonesia.

Aksara
Alih aksara (latin)
K
C
D
T
B
P
Y
-
Baiklah sekarang kita akan mempelajari beberapa vokal dasar yang paling umum digunakan dalam bahasa Lao. Semuanya aksara yang ditik di bawah ini merupakan aksara vokal panjang dengan menggunakan konsonan "ອ" sebagai penyangga vokalnya.

Aksara
Alih aksara (latin)
ອາ
aa
ອີ
ii
ອູ
uu
ເອ
ee
ໂອ
oo
ໄອ
ai
ເອົາ
ao
Baiklah sekarang kita sudah mengetahui bentuk konsonan kelas menengah dan vokal dasar yang ada dalam bahasa Lao. Di bawah ini terdapat beberapa soal mengenai pengalihaksaraan aksara Lao ke dalam aksara latin Indonesia dan sebaliknya.

Aksara Lao
Aksara Latin
ຈີ
ເປົາ
ໄປ
ກີ
ບາ
ບາ
Duu
ບາ
Dee

Taa

Oo

Yaa

Untuk nada dalam bahasa Lao akan dibahas dalam postingan selanjutnya. Tunggu Postingan selanjutnya ya!!!

ຂອບໃຈ!!!

Terima Kasih!!!

Share this

0 Comment to "Bahasa Lao # Aksara Lao Kelas Menengah dan Vokal Dasar #"

Posting Komentar