Sabtu, 29 Juni 2019

Mengenal Nastaleeq, Jenis Khat / Gaya Penulisan Huruf Arab yang Lazim Dipakai Dalam Penulisan Bahasa Urdu

السلام علیکم دوستوں ، آج آپ سب کیسی ہیں؟ امید ہے کہ اللہ سب آپکو ہمیشہ رحمت اور برکت دیگا ، آمین
(Salam alaykum dosto, aaj aap sab kaisay hayn? umeed hay k Allah sab aapko humesha  rehmat aur barkat dega , Aamiin) 
Salam alaykum teman teman semua, apa kabarnya hari ini? Semoga Allah selalu memberikan rahmat dan keberkahanNya kepada teman teman semua, Aamiin

Kali ini admin #ER akan mengajak teman teman semua berkenalan dengan Nastaleeq, yang boleh dibilang adalah "khat resmi" penulisan Bahasa Urdu dan Bahasa Persia. Sebelum membahas lebih jauh mengenai Nastaleeq ini, sebelumnya saya akan jelaskan sedikit, terutama untuk teman teman yang mungkin belum paham apa itu khat. Secara umum, makna khat adalah bagaimana cara kita menulis Huruf Arab sehingga huruf itu terlihat indah dan artistik. Sebenarnya banyak sekali khat atau gaya penulisan Arab, semisal Naskh, Kufi, Diwani, Thuluh, Nastaleeq, dan sebagainya sebagaimana contoh pada beberapa gambar di bawah ini

arabic khat list에 대한 이미지 검색결과
Contoh Khat Diwani

arabic khat list에 대한 이미지 검색결과
Contoh Khat Kufi

arabic khat list에 대한 이미지 검색결과
Contoh Khat Maghribi

khat tsuluts에 대한 이미지 검색결과
Contoh Khat Thuluth

Sudah paham kan apa itu khat tadi? Kembali pada topik awal, kita kali ini akan membahas salah satu khat yang dipakai untuk menulis Bahasa Urdu dan Farsi yang dinamakan "Nastaleeq" atau dalam ejaan lain "Nasta'liq" (dalam beberapa literatur hanya disebutkan sebagai "taleeq" "ta'liq"). Khat ini ditemukan pada sekitar abad delapan atau sembilan Masehi dan mulai digunakan secara luas di Persia sekitar abad 14 atau 15 Masehi yang kemudian oleh orang Persia diperkenalkan di Tanah Hindustan dan sekitarnya. Pada masa sekarang ini, hampir semua tulisan Bahasa Urdu baik itu di siaran televisi, surat kabar, buku/artikel dan sebagainya ditulis menggunakan khat ini.

Urdu example.svg
Tulisan "Urdu" dalam Bahasa Urdu

Penulisan "Khat Nastaleeq"  menggunakan khat khat Nastaleeq

Sebagaimana kita lihat, khat ini memiliki sedikit perbedaan dengan khat naskh / standar yang biasa kita temui disini. Cara penulisannya yang seolah terlihat bahwa dalam menuliskannya perlu "tangan yang lemas" dan bentuk hurufnya yang begitu unik. Mungkin saat membaca pada awalnya akan terlihat agak membingungkan ( dan bahkan saya sendiri dahulu pada awalnya sempat merasakan pusing karena hurufnya yang begitu "gemulai" :') ) tapi setelah beberapa hari akan merasakan bahwa khat ini sebenarnya begitu indah dan artistik sekali. Kalau boleh saya berpendapat, jujur menurut pandangan saya Khat Nastaleeq ini bersama dengan  Khat Diwani merupakan khat paling asrtistik dan indah yang pernah saya lihat (maaf kalau ada yang tidak setuju :') ). Bagi para teman dan sahabat yang tengah belajar Bahasa Urdu atau Bahasa Persia, saya sarankan dengan sangat untuk mempelajari khat satu ini agar makin terbiasa dan memudahkan pembelajaran juga tentunya.

Surat Kabar Berbahasa Urdu

Sebuah Teks Urdu
"Mohabbat aur Nafrat" (Cinta dan Benci)

Sebuah Teks Urdu
"Zindagi Abhi Khatm Nahi Hui" (Kehidupan belumlah berakhir sekarang)

urdu handwriting에 대한 이미지 검색결과
Contoh Tulisan Tangan dalam Bahasa Urdu


Sebuah Foto Lama tentang Papan Nama Kota yang Tertulis Dalam 4 Bahasa
Keterangan Aksara :
Sebelah Atas : Latin
Sebelah Bawah, Kanan ke Kiri : Urdu/Shahmukhi, Devanagari, Gurmukhi
(Ket. = Shahmukhi dan Gurmukhi adalah dua jenis aksara yang dipakai untuk menulis Bahasa Punjabi)


Sekian dulu pembahasan kita kali ini. Semoga bisa menambah pengetahuan teman teman semuanya. Jangan lupa ikuti terus update terbaru situs ini dan jangan lewatkan informasi menarik lainnya. Kritik dan saran juga akan senantiasa kami harapkan demi kemajuan situs ke arah yang jauh lebih baik. Sekian dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan, dan Khuda Hafiz!!!


Share this

0 Comment to "Mengenal Nastaleeq, Jenis Khat / Gaya Penulisan Huruf Arab yang Lazim Dipakai Dalam Penulisan Bahasa Urdu"

Posting Komentar