Minggu, 23 Juni 2019

Bahasa Maori (Perkenalan dan Alfabet Bahasa Maori)

Tēnā Koutou!!!

Halo Semuanya!!!

Bendera Aotearoa (Selandia Baru)
Halo semuanya!!! Kembali lagi bersama admin #RFQ dalam pembelajaran bahasa asing bersama KelasPoliglot.net. Sekarang bahasa apa sih yang akan kita pelajari? Kira-kira kalau diberikan bendera negara di atas apa yang kalian pikirkan? Pastinya kalian akan berfikir kepada bahasa Inggris ya kan? Secara di dalam bendera di atas terdapat bendera negara Inggris juga. Negara di atas memang negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Namun ternyata bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat sekitar juga diangkat sebagai bahasa resmi dalam tingkat nasional. Bahasa yang dibicarakan itu bernama bahasa Maori. Bahasa Maori merupakan bahasa turunan rumpun Austronesia sebangsa dengan bahasa Melayu (bahasa Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam), Minangkabau, Betawi, Sunda, Jawa, Tagalog, dan Maguindanao yang kebetulan semua bahasa tersebut tersedia di situs KelasPoliglot.net ini.

Bicara mengenai bahasa Maori, bahasa Maori dahulu sempat dilarang oleh pemerintah negara Aotearoa (bahasa Maori untuk Selandia Baru). Ini mengakibatkan tingkat tutur bahasa Maori menjadi berkurang derastis. Banyak orang Maori yang terpaksa belajar bahasa Inggris dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa untuk berkomunikasi, lantaran mereka jika ingin bekerja di semua bidang haruslah berbahasa Inggris sebagai syarat utamanya. Pada akhirnya kepala suku bangsa Maori menyadari bahwa bila hal itu terus terjadi bahasa yang bangsanya gunakan akan punah, sehingga mengangkat kembali penggunaan bahasa Maori untuk orang-orang bangsa Maori. Sampai pada akhirnya bahasa Maori menjadi bahasa resmi di Aotearoa, tanah mereka sendiri. Oleh karena itu, bila kalian ingin mengunjungi Aotearoa, maka tidak lengkap kalau tidak mempelajari bahasa Maori, karena bahasa Maori ternyata mudah untuk dipelajari, mirip dengan bahasa-bahasa di Indonesia, ditambah bahasa Maori adalah bahasa Nasional.

Baiklah sekarang kita coba melihat daerah tuturan bahasa Maori di Aotearoa ini ya (maaf sobat KePoster adminnya lebih senang pakai kata Aotearoa daripada Selandia Baru hehehe, pokoknya kalau admin bilang Aotearoa maka kalian nalarkan ke Selandia Baru ya).

Peta persebaran bahasa Maori di Oseania
Dapat dilihat dari gambar bahwa bahasa Maori banyak tersebar di pulau Utara dan kepulauan di Oseania, sedangkan untuk di pulau Selatan persebarannya terpecah. Bangsa Maori hanya tinggal di bagian timur laut pulau Selatan dan bagian selatan dari pulau Selatan itu.

Sebagai bahasa resmi di Aotearoa, bahasa Maori benar-benar digunakan di semua lini pemerintahan, kenegaraan, bisnis, dan semua urusan baik urusan negara maupun masyarakat. Seperti di bawah ini plang dalam bahasa Maori dan Inggris.

Plang dalam bahasa Maori dan Inggris
Baiklah kalau begitu kita langsung saja belajar alfabet dalam bahasa Maorinya ya hehehe. Di bawah ini ada tabel alfabet yang digunakan oleh bahasa Maori.

Alfabet Maori
IPA
Padanan dalam bahasa Indonesia
A
[ɐ]
a pada kata air
Ā
[ɑ:]
a pada kata ayam
E
[ɛ]
e pada kata geiser
Ē
[e:]
E pada kata korek
H
[h]
H pada kata hari
I
[i]
I pada kata ini
Ī
[i:]
I pada kata ini
K
[k]
K pada kata kuda
L
[l]
L pada kata lama
M
[m]
M pada kata muda
N
[n]
N pada kata nadi
NG
[ŋ]
Ng pada kata ngarai
O
[ɔ]
O pada kata orang
Ō
[o:]
O pada kata orang
P
[p]
P pada kata panda
R
[ɾ]
R seperti bahasa Indonesia tetapi yang menyebutkan adalah orang cadel
T
[t]
T pada kata tiang
U
[ʉ]
U pada kata umroh
Ū
[u:]
U pada kata usia
W
[w]
W pada kata warna
WH
[ɸ]
W pada kata warna dengan diberi hembusan angin

Baiklah segitu dulu pelajaran bahasa Maori kali ini, bila ada pertanyaan silakan diajukan di kolom tanggapan di bawah ya. Sampai jumpa di postingan-postingan menarik lainnya.

Mihi Koutou!!!

Terima kasih semuanya!!!

Share this

1 Response to "Bahasa Maori (Perkenalan dan Alfabet Bahasa Maori)"