Jumat, 21 Juni 2019

Bahasa Maguindanao \Perkenalan Bahasa dan Alfabet Maguindanao\

Asalam Mualay Cum!!!

Halo Semuanya!!!


Bendera Daerah Otonomi Bangsamoro di Mindanao Muslim 
Halo semuanya, berjumpa lagi dengan admin #RFQ yang menyajikan postingan-postingan menarik setiap harinya. Kali ini postingan yang akan disampaikan adalah terkait dengan bahasa Maguindanao. Sebelum lebih jauh mengenal bahasa Maguindanao, kita ketahui terlebih dahulu kalau sebenarnya Maguindanao sendiri dahulunya adalah sebuah kesultanan yang berdaulat, yaitu Kesultanan Maguindanao atau dalam bahasa Tagalog disebut sebagai "Sultanato ng Maguindanao". Di bawah ini merupakan Peta wilayah Kesultanan Maguindanao dan benderanya.

Daerah Kekuasaan Kesultanan Maguindanao
Bendera Kesultanan Maguindanao
Kesultanan Maguindanao adalah sebuah kesultanan yang berjaya sampai abad ke-19 sebelum keruntahannya pada masa kolonialisme Spanyol yang meruntuhkan kesultanan tersebut. Baiklah itu merupakan penjelasan singkat mengenai kesultanan Maguindanao, sekarang kita ketahui sedikit tentang bahasa Maguindanao. Bahasa Maguindanao adalah sebuah bahasa yang dituturkan di daerah provinsi Maguindanao, Cotabato bagian barat, Lanao del Sur bagian selatan, dan Sultan Kudarat. Bahasa ini merupakan bahasa yang serumpun dengan bahasa Tagalog yang kebetulan sudah tersedia terlebih dahulu di situs ini.

Menjadi bahasa yang paling banyak dituturkan di Daerah Otonomi Bangsamoro di Mindanao Muslim, bahasa ini juga menjadi bahasa yang umum digunakan oleh masyarakat ibu kota Daerah Otonomi Bangsamoro di Mindanao Muslim (BARMM), Cotabato City. Dalam bahasa Maguindanao kita tidak akan asing dengan beberapa istilah yang dalam bahasa Indonesia dan Jawa, seperti "ualay" (rumah) mirip dengan "balay" dan *maaf "asu" (anjing) mirip dengan "asu" (bahasa Jawa).

Baiklah sekarang kita pelajari Alfabet dalam bahasa Maguindanao ya.

Alfabet Maguindanao
Ejaan
A
A
B
Be
C
Se
D
De
E
E
G
He
H
Aci
I
Hota
J
Ka
K
Elli
L
Emmi
M
Enni
N
Pe
Ñ
Enyi
P
Pe
Q
Ku
R
Erri
S
Essi
T
Te
U
U
V
We
X
Ekis
Y
Egriega
Z
Setta

Cara mengeja dan menulis dalam bahasa Maguindanao sama persis dengan cara mengeja bahasa Spanyol. Oleh karena itu, bagi kalian yang belum mengetahui cara eja dan baca huruf dalam bahasa Spanyol silakan kalian klik di sini.

Baiklah sekian pengenalan bahasa dan alfabet dalam bahasa Maguindanao. Jika terdapat salah informasi dan pemberitahuan silakan berikan tanggapan kamu dalam kolom tanggapan yang tersedia di bawah. Jangan lupa tunggu postingan menarik lainnya ya.

Sapulu a Salamat!!!

Terima Kasih Banyak!!!

Share this

0 Comment to "Bahasa Maguindanao \Perkenalan Bahasa dan Alfabet Maguindanao\"

Posting Komentar