Senin, 06 Juli 2015

Belajar Bahasa Turki : Cara Berterima Kasih

Bahasa Turki memiliki beberapa frasa untuk mengatakan Terima kasih, seperti pada pelajaran Bahasa Turki sebelumnya yang memiliki variasi frasa tergantung situasi. Berikut ini penjelasannya.

Gunung Ararat, Doğubeyazıt | gamar dari wikipedia
Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan Teşekkürler sebelumnya? Jika iya, apakah Anda tahu kalau frasa itu biasa digunakan dalam situasi informal dan/atau ditujukan kepada teman sebaya? 
Mari kita lihat macam-macam cara untuk mengatakan Terima kasih dalam Bahasa Turki. 

Teşekkür ederim

Ungkapan ini berarti aku berterima kasih. Ungkapan ini bisa digunakan dalam segala situasi dan kepada siapapun. Jawaban dari Teşekkür ederim adalah Bir şey değil atau Rica ederim. Bir şey değil berarti ini bukan apa-apa, sedangkan Rica ederim berarti aku meminta. Walaupun jawabannya berarti aku meminta, tetapi ini jawaban paling sopan untuk ungkapan terima kasih.

Teşekkürler

Arti dari Teşekkürler adalah terima kasih (çok teşekkürler berarti terima kasih banyak). Perlu diingat bahwa ini hanya digunakan pada situasi informal atau biasa. Untuk mengatakan terima kasih banyak dalam situasi sopan, gunakan Çok teşekkür ederim. Teşekkürler juga biasa digunakan di kedai-kedai atau toko-toko kecil.

Sağ olun

Secara harfiah, sağ olun berarti (semoga) kesehatan menyertaimu / sehat kepadamu. Kata ini walaupun bukan berarti terima kasih secara harfiah, tetap lazim digunakan oleh orang-orang Turki. Bentuk informal / biasa dari kata ini adalah sağ ol, jika ditujukan kepada orang tak dikenal (umum) atau dalam situasi formal gunakan sağ olun, dan jika ditujukan kepada orang umum dan/atau orang banyak gunakan sağ olunuz.
Jawaban dari ungkapan ini adalah siz de jika kepada orang tak dikenal, dan sen de kepada teman atau orang dekat.

Apa perbedaan dari ketiganya?

Teşekkür ederim ditujukan kepada orang yang membantu Anda karena itu memang tugasnya  
Contoh :
Anda memesan makanan kepada pelayan, tak lama kemudian pelayan itu datang dan menghidangkan makanan anda di meja anda. Anda berterima kasih menggunakan Teşekkür ederim, karena memang sudah tugas pelayan menghidangkan makanan.

Teşekkürler digunakan pada situasi biasa atau informal dan di kedai-kedai atau toko-toko kecil.

Sağ olun(-uz) digunakan apabila orang lain membantu anda padahal dia tidak harus melakukannya untuk Anda. Misalnya, buku-buku anda terjatuh di jalan dan kertasnya pun berserakan. Lalu beberapa orang membantu Anda dengan mengambilkannya dan mengembalikannya kepada anda. Maka jawaban anda adalah Sağ olunuz, karena mereka sebenarnya tidak perlu membantu anda.

Jika anda bingung dengan semua ini, cukup gunakan Teşekkür ederim

Sekarang, jawablah 5 pertanyaan di bawah ini! Jika sudah, tekan tombol "submit"

  1. Anda bertanya waktu saat ini kepada salah satu orang di jalan. Orang itu memberikan jawabannya, maka anda harus mengatakan - __________________.
  2. Sağ olun  Teşekkür ederim  Sağ olunuz  Teşekkürler
  3. Sekumpulan polisi menangkap pencuri yang mengambil tas anda - _________________
  4. Sağ olun  Teşekkür ederim  Sağ olunuz  Teşekkürler
  5. Orang di depan anda tidak sengaja menjatuhkan beberapa barangnya. Anda membantu mengambilkan barang-barangnya, lalu dia mengatakan Sağ olun, lalu anda harus menjawab dengan ______.
  6. Sen de sağ ol  Siz de  Teşekkür ederim  Sen de
  7. Angin menerbangkan berkas-berkas anda. Kebetulan ada 3 orang pemuda di dekat anda dan mereka membantu anda. Anda harus mengatakan apa kepada para pemuda tadi? ______.
  8. Siz de  Sağ olun  Rica ederim  Sağ olunuz
  9. Teman anda tidak sengaja menumpahkan minuman ke lantai rumah anda, lalu ia meminta maaf dan mengepelkannya. Maka anda harus mengatakan - ____________
  10. Sağ olunuz  Teşekkürler  Sen de Rica ederim

#AI

Share this

PsyBU'19

0 Comment to "Belajar Bahasa Turki : Cara Berterima Kasih"

Posting Komentar