Rabu, 19 Juni 2019

Bahasa Filipino (Tagalog) {Mengenalkan Diri dalam Bahasa Tagalog}

Magandang Tanghali Sa Inyong Lahat!!!

Selamat Siang Semuanya!!!

Kota Manila
Halo semuanya!!! Kembali lagi dengan admin #RFQ yang akan menemai kalian semuanya dalam pembelajaran bahasa Filipino a.k.a Tagalog. Kali ini saya akan menjelaskan sebuah hal penting ketika kalian akan memasuki gerbang pertama pada setiap pembelajaran bahasa apa pun di dunia, ya benar belajar memperkenalkan diri dalam bahasa tersebut. Saya akan berikan wacana singkat yang telah saya beri terjemahannya di bawah ini.

Formal
Albert : “Kumusta po? Si Ginoong Albert ako. Anong pangalan ninyo?”
Rifky : “Mabuti naman, maraming salamat po. Si Rifky Fadillah ako. Kumusta po kayo?”
Albert : “Mabuti rin naman, salamat po. Ikinagagalak ko kayong makilala.”
Albert : “Apa kabar? Saya Ginoong Albert. Siapa nama Anda?”
Rifky : “Kabar saya baik, terima kasih banyak. Nama saya Rifky Fadillah. Apa kabar Anda?”
Albert : “Kabar saya juga baik, terima kasih. Senang berkenalan dengan Anda”
Informal
Albert : “Kumusta? Si Albert ako. Anong pangalanmo?”
Rifky : “Mabuti naman, salamat. Si Rifky ako. Kumusta?”
Albert : “Mabuti rin naman, salamat. Ikinagagalak kong makilala ka.”
Albert : “Apa kabar? Aku Albert. Siapa namamu?”
Rifky : “Kabar baik, terima kasih. Namaku Rifky. Apa kabar?”
Albert : “Kabarku pun baik, terima kasih. Senang berkenalan denganmu”
Baiklah di atas merupakan contoh perkenalan dalam bahasa Tagalog dalam versi formal dan informal. Dalam bahasa Tagalog untuk bertanya kabar dapat menggunakan frasa "kumusta" dari bahasa Spanyol "Como esta?" yang artinya memang "Apa kabar?". Selain itu dalam keadaan perkenalan formal terdapat kata "po" di mana-mana, kata ini memang menjadi partikel pembentuk kesopanan dalam bahasa Tagalog. 

Di bawah ini merupakan daftar frasa-frasa penting saat berkenalan dalam bahasa Tagalog dan perbandingan antara yang formal dan informal, serta artinya dalam bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia
Bahasa Tagalog Formal
Bahasa Tagalog Informal
Apa kabar?
Kumusta po (kayo)?
Kumusta (ka)?
Nama saya adalah ….
Si (Nama lengkap) ako.
Si (nama panggilan) ako.
Siapa namamu/Anda?
Anong pangalan ninyo?
Anong pangalanmo?
Kabar saya baik (juga)
Mabuti (rin) naman.
Mabuti (rin) naman.
Terima kasih (banyak)
(Maraming) salamat po.
(Maraming) salamat.
Senang berkenalan denganmu/Anda.
Ikinagagalak ko kayong makilala.
Ikinagagalak kong makilala ka.

Kalian dapat memperkenalkan diri kalian menggunakan bahasa Filipino a.k.a Tagalog ini dengan menuliskannya dalam kolom komentar di bawah ini ya.

Baiklah segitu dulu pembelajaran bahasa Filipino a.k.a Tagalog untuk hari ini. Semoga ini dapat membantu kalian dalam memperlajari bahasa Filipino a.k.a Tagalog ini. Tunggu postingan-postingan menarik lainnya ya...

Maraming Salamat po!!!

Terima Kasih banyak!!!

Share this

1 Response to "Bahasa Filipino (Tagalog) {Mengenalkan Diri dalam Bahasa Tagalog}"

  1. Komusta PO, Ako salmon, ikinagagalakko kayong makklala

    BalasHapus