Selasa, 07 Juli 2015

Belajar Bahasa Turki : Pengelompokan Vokal

Merhaba!
Pada postingan ini, kita akan belajar tentang pengelompokan vokal dan harmonisasi vokal dalam Bahasa Turki. Keduanya sangat penting karena aturan ini selalu digunakan. Baca selengkapnya di bawah ini!

Desa Uzungöl | gambar dari wikipedia
Seperti yang kita ketahui, Bahasa Turki memiliki 8 vokal dan 21 konsonan. Nah, vokal-vokal dan konsonan akan dibagi menjadi 2 kelompok (ada yang 4 kelompok). Tetapi, kita akan belajar dulu mengenai penglompokan vokal, sedangkan pengelompokan konsonan akan dipelajari nanti.

Umumnya, pengelompokan vokal ini ada 2 macam. Pengelompokan yang pertama bisa disebut dengan pengelompokan vokal mayor atau pengelompokan vokal depan-belakang, sedangkan pengelompokan yang kedua bisa disebut dengan pengelompokan vokal minor.

Pengelompokan vokal mayor

Dalam pengelompokan ini, vokal dibagi menjadi 2, yaitu vokal depan / belakang atau disebut dengan  vokal keras / lembut. Perhatikan tabel di bawah ini!

Vokal Depan / Lembut
Vokal Belakang / Keras
e
a
i
ı
ö
o
ü
u
Jika Anda jeli, anda akan mengetahui bahwa ada hubungan di antara huruf-huruf tersebut.
Berdasarkan apa huruf-huruf ini dikelompokkan? Huruf-huruf tersebut dikelompokkan berdasarkan posisi lidah saat mengucapkannya. Dinamakan vokal depan karena posisi lidah berada agak ke depan dan menempel pada gigi, sedangkan dinamakan vokal belakang karena posisi lidah berada agak ke dalam dan tidak menempel pada gigi.

Biasanya, kata-kata dalam Bahasa Turki memiliki vokal yang 1 kelompok. Misalnya sebuah kata hanya memiliki vokal dari kelompok depan, contonya pencere. Tetapi tidak menutup kemungkinan suatu kata memiliki vokal dari kelompok belakang maupun depan (biasanya dari kata-kata serapan), contohnya Şoför dan Cumhuriyet.

Selanjutnya, kita akan belajar tentang pengelompokan vokal minor. Dalam pengelompokan ini, vokal dibagi menjadi 4 kelompok. Perhatikan tabel berikut!

Depan-Datar
Depan-Bundar
Belakang-Datar
Belakang-Bundar
e i
ö ü
a ı
o u
Selain berdasarkan posisi lidah, pengelompokan ini juga berdasarkan bentuk mulut saat mengucapkannya. Bundar berarti bentuk mulut bulat saat mengucapkannya, sedangkan datar berarti bentuk mulut agak sedikit datar saat mengucapkannya. Jadi, huruf depan-bundar berarti pada saat pengucapannya mulut berbentuk bundar dan lidah berada di depan, dan seterusnya.

Kata-kata dalam Bahasa Turki biasanya hanya mematuhi pengelompokan vokal mayor, sedangkan pengelompokan minor ini berfungsi untuk mengetahui vokal imbuhan saja.

Materi ini harus Anda pahami betul-betul, karena ini merupakan aturan dasar dari tata bahasa Turki (dan rumpun Turkik lainnya, kecuali Uzbek). Pada pelajaran Bahasa Turki selanjutnya, kita akan belajar tentang harmonisasi vokal, kelanjutan dari pengelompokan vokal ini.

Hoşça kalın!

Share this

PsyBU'19

0 Comment to "Belajar Bahasa Turki : Pengelompokan Vokal"

Posting Komentar