Senin, 06 Juli 2015

Bahasa Inggris - Pelajaran 1 - Huruf dan Cara Membaca Kata






Bahasa Inggris adalah bahasa yang tergolong ke dalam rumpun bahasa Indo-Eropa, berada pada Sub-Rumpun bahasa Jermanik, tepatnya masuk Sub-Rumpun bahasa Jermanik Barat, berkerabat dekat dengan bahasa Jerman dan Belanda. Pertama kali dituturkan di daerah England, Inggris Raya pada awal abad pertengahan. Bahasa ini sudah berkembang sangat pesat, berawal dari bahasa kuno yang dituturkan oleh Bangsa Angle di England, inilah yang dinamakan Anglisc, lalu mengalami asimilasi dengan datangnya bangsa Saxon dari wilayah Jerman, dua bangsa ini kemudian membentuk persatuan menjadi bangsa baru yang disebut Anglo-Saxon, Bangsa Anglo-Saxon menjadi nenek moyang dari orang-orang Inggris sekaligus menjadi pengguna bahasa Inggris pertama yang sering dikenal dengan Old English, Old English sangat mirip sekali dengan bahasa Jerman dan Belanda saat ini, menunjukkan bahwa Bahasa Jerman dan Belanda tidak banyak mengalami perubahan, sementara Bahasa Inggris memiliki perubahan yang amat banyak, diantaranya karena kependudukan bangsa Norman pada abad ke-11 bangsa norman mengubah Old English hampir secara total dari segi vocabulary, bangsa norman menuturkan dialek Bahasa Perancis yang merupakan turunan dari bahasa latin, Bangsa Norman menguasai Inggris selama beratus-ratus tahun, hal ini menyebabkan Bahasa Inggris memiliki amat banyak kosa-kata yang berasal dari bahasa latin. Bahasa Inggris terus berkembang berubah menjadi bahasa inggris pertengahan, Bahasa Inggris Modern Awal, Hingga Bahasa Inggris Modern pada akhir Abad 16. Saat ini kita beruntung berada pada era maju, semuanya menjadi lebih mudah jika kita mampu menguasai Bahasa Inggris karena Bahasa Inggris saat ini adalah Bahasa Pemersatu Dunia, Berhasil mengalahkan Bahasa Perancis yang sebelumnya menduduki tahta ini.


Bahasa Inggris menjadi Bahasa yang disepakati untuk bahasa pemersatu dunia salah satu alasannya karena bahasa Inggris dianggap salah satu bahasa yang paling mudah untuk dipahami Penutur Asing(Penutur selain Penutur Asli), baik dari segi huruf, durasi bunyi(panjang-pendek), pelafalan, kosa kata, maupun aturan tata bahasa. Bagi Sobat Kelas Poliglot yang pernah belajar bahasa asing lainnya tentu tahu bagaimana sulitnya Bahasa Arab dan beberapa Bahasa lainnya yang sangat mementingkan panjang dan pendeknya suatu kata dan memiliki perbedaan Gender untuk Kata Benda, Kata Sifat, Kata Kerja, dsb, atau Bahasa Mandarin yang memiliki tingkat kesulitan pada huruf dan juga irama, irama dapat berpengaruh pada arti. Bahasa Inggris tidak seperti itu, Bahasa Inggris sangat simpel dan mudah.

Pada Bahasan kali ini akan dipaparkan mengenai hal yang pertama kali harus dipelajari sebelum melangkah ke arah yang lebih jauh yaitu Abjad dan Pelafalan. Bahasa Inggris tidak memiliki huruf-huruf yang susah, huruf dalam Bahasa Inggris adalah huruf latin dasar, meskipun pada beberapa kosa-kata ada yang memiliki huruf latin turunan seperti Fiancé yang berarti tunangan Laki-Laki(berasal dari Bahasa Perancis) dan Fiancée yang berarti Tunangan Perempuan(juga berasal dari Bahasa Perancis), setelah huruf kita akan mengkaji bagaimana cara membaca dalam bahasa Inggris, dalam Bahasa Inggris juga dikenal panjang dan pendek, namun tidak terlalu kental, kira-kira hanya panjang 2 Alif jika kita analogikan ke Bahasa Arab. Bunyi-Bunyi Vokal yang panjang ini disebut Long Vowels(Vokal-Vokal Panjang)


Selengkapnya mari simak ulasan berikut!



Huruf-Huruf Dalam Bahasa Inggris :


Selesai dengan bagaimana cara melafalkan huruf tidak cukup untuk bisa membaca kata-kata dalam Bahasa Inggris, Bahasa Inggris adalah bahasa non-fonetis, yaitu bahasa yang tidak memiliki aturan baca, tidak seperti bahasa Indonesia yang merupakan bahasa fonetis, setiap huruf di Bahasa Indonesia meskipun memiliki letak di berbagai kata, tetap memiliki pelafalan yang sama, selama berpuluh-puluh tahun Ilmuan mencoba mencari cara bagai mana semua Bahasa non-fonetis bisa difonetiskan, mak ditemukanlah  System of Phonetic Symbols(Sistem Simbol fonetis) yang menghadirkan Alfabet Fonetis Universal yang sampai saat ini amat dikenal, ada 2 Versi yang paling banyak digunakan yaitu IPA(International Phonetic Alphabet) dan ASCII(American Standard Code for Information Interchange)

sistem fonetis tersebut dipakai di banyak kamus agar para penutur asing mampu melafalkan dan membaca kata-kata bahasa Inggris dengan benar, biasanya diletakkan di antara dua garis miring atau di dalam kurung. seperti pada gambar:




Berikut Tabel Alfabet Fonetis(Tabel Bunyi):






Video


(Kelas Poliglot telah memilih video terbaik silakan dilihat agar sobat KePo lebih paham lagi)



Vokal


A


/ʌ/  




/ɑ:/ 




I



/ɪ/ 





/i:/ 




U



/ʊ/





/u:/ 









E

/e/ 







/ə/ 



/ɜ:/

  


/æ/



O

/ɒ/ 






/ɔ:/ 







Diphthong



/oʊ/ 






/əʊ/ 





/ɪə/





/eə/








/aɪ/ 




/ɔɪ/ 





/eɪ/ 



/aʊ/ 




/ʊə/






Konsonan



Bagian 1




Bagian 2




Bagian 3( /Ts/ )






Catatan :

V dibaca tipis(seperti f) ketika di akhir kata, seperti dalam kata Five, Positive, Negative, dsb.

Tanda ˈ berarti tekanan, contoh /ˈsevən/ > S diberi tekanan

Terdapat beberapa variasi bunyi konsonan yang terkadang dibuat di kamus seperti contohnya [Ph], ini bermakna bunyi p yang sedikit ada bunyi h, ini merupakan hal yang lumrah bagi orang Inggris dan Amerika ketika menyebut kan P dan beberapa bunyi konsonan lain ada sedikit bunyi h, variasi ini dikategorikan sebagai allophone(variasi dari bunyi dasar), masih banyak allophone-allophone lainnya.

Terdapat Gabungan IPA dan ASCII yang membentuk bunyi baru yaitu :

1. ks > berbunyi x seperti pada kata Box /boks/
2. nj > berbunyi ny seperti pada kata nyamuk, contoh > New(Inggris) /nju:/, kata ini dilafalkan /nu:/ oleh orang Amerika

Di balik kesusahan ada kemudahan, Sistem Phonetic Symbols atau Simbol Fonetis yang menghadirkan Alfabet Fonetis telah memudahkan banyak orang yang ingin mampu membaca dan melafalkan kata-kata Bahasa Inggris dengan baik.
Semoga dengan membaca postingan ini sobat Kelas Poliglot tidak bingung lagi bagaimana cara membaca/melafalkan seluruh kosa kata yang ada pada Bahasa Inggris.



~XV~






Share this

0 Comment to "Bahasa Inggris - Pelajaran 1 - Huruf dan Cara Membaca Kata"

Posting Komentar