Senin, 06 Juli 2015

Belajar Bahasa Uzbek : Alfabet dan Pelafalannya

Assalomu alaykum!
Postingan kali ini akan membahas tentang alfabet Uzbek dan pelafalannya. Sebelumnya, perhatikan tabel di bawah gambar ini!

Madrasah Ulug' Beg, Tilya-Kori, dan Sher-Dor, Registan | gambar dari wikipedia
Dibanding bahasa-bahasa rumpun Turkik lainnya, Bahasa Uzbek memiliki alfabet yang terbilang 'ramah' bagi penutur asli Bahasa Indonesia. Mengapa? Bahasa Uzbek memiliki alfabet latin yang sangat mirip dengan alfabet Bahasa Indonesia (kecuali o' dan g').

Uzb
Aa
Bb
Chch
Dd
Ee
Ff
Gg
Hh
Ii
Jj
Ind
a
b
c
d
e
f
g
h
i
-
IPA
/a/
/b/
/t͡ʃ/
/d/
/é/
/f/
/g/
/h/
/i, ɨ/
/ʒ/, /dʒ/
Uzb
Kk
Ll
Mm
Nn
Oo
Pp
Qq
Rr
Ss
Tt
Ind
k
l
m
n
o
p
-
r
s
t
IPA
/k/
/l/
/m/
/n/
/ɒ/
/p/
/q/
/ɾ/
/s/
/t̪/
Uzb
Uu
Vv
Xx
Yy
Zz
Shsh
O' o'
G' g'
Ng ng
'
Ind
u
w
kh
y
z
sy, sh
-
-
ng
-
IPA
/u, ə/
/v/, /w/
/χ/
/j/
/z/
/ʃ/
/o, ø/
/ʁ/
/ŋ/
/ʔ/

Ada huruf-huruf yang memiliki perbedaan pelafalan dengan alfabet Bahasa Indonesia, huruf-huruf tersebut adalah i, j, o, q, u, v, x, sh, o', dan g'. Berikut pelafalan dari alfabet tersebut :

Huruf i dibaca normal seperti pada kata ikan, tetapi jika berada di akhir atau tengah suku kata, i dibaca seperti huruf ы pada alfabet Rusia, atau ı pada Alfabet Turki, dan mendekati pelafan eu dalam Bahasa Aceh
Huruf j juga dibaca normal seperti pada kata jam. Kecuali untuk kata-kata serapan Rusia, dibaca /zh/ atau ж.
Huruf o berbeda dengan huruf o'. Huruf o dibaca agak a seperti pada kata orang.
Huruf q diucapkan di tenggorokan, atau sama seperti pelafalan pada alfabet Arab.
Huruf u umumnya juga dibaca u pada abjad Indonesia. Pada beberapa dialek, huruf ini dibaca ä. Terkadang setelah atau sebelum huruf g dan k, huruf ini dibaca seperti ü Turki.
Huruf v diucapkan seperti penggabungan huruf v dan w. Pada kata-kata serapan Rusia, huruf ini dibaca seperti в Rusia.
Huruf x sebenarnya diucapkan seperti kh pada kata ikhlas dan khusus. Akan tetapi, banyak orang Indonesia yang melafalkannya seperti huruf k. Maka dari itu, pelafalan yang pas seperti pada huruf x (Rusia) atau خ pada huruf hijaiyah.
Huruf sh juga sebenarnya diucapkan seperti sy pada kata syukur. Tetapi banyak orang Indonesia yang melafalkannya seperti huruf s. Maka dari itu, pelafalan yang pas seperti pada huruf ш (Rusia) atau ش pada huruf hijaiyah/
Huruf o' diucapkan seperti o, tapi mulut benar-benar bulat (hampir mirip u). Pelafalannya bisa jadi seperti ö pada alfabet Turki pada kata-kata tertentu.
Huruf g' diucapkan sama seperti huruf ğ dalam alfabet Turki atau غ pada huruf hijaiyah.
Tanda apostrof ( ' ) berguna untuk memisahkan pelafalan (kecuali pada huruf o' dan g'). Misalnya ada kata Mas'ha, berarti dibaca mas-ha, bukannya ma-sha.

Biasanya, pelafalan kata Bahasa Uzbek yang memiliki persamaan arti dan kata pada kata-kata rumpun bahasa Turkik lainnya. Daftarnya bisa Anda lihat di sini

Ko'rishguncha!
#AI

Share this

PsyBU'19

0 Comment to "Belajar Bahasa Uzbek : Alfabet dan Pelafalannya"

Posting Komentar